Rss Feed Facebook Twitter Google Plus

post:


MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN LANGKAH-LANGKAHNYA


Illustrasi




Illustrasi


Model Pembelajaran Inquiry
Metode Inquiry yaitu sebuah metode pembelajaran dimana guru berusaha mengarahkan siswa untuk mampu menyadari apa yang sudah didapatkan selama belajar. Sehingga siswa mampu berfikir dan terlibat dalam kegiatan intelektual dan memproses pengalaman belajar itu menjadi sesuatu yang bermakna dalam kehidupan nyata.
Model Pembelajaran Inquiry dilakukan dengan tahapan:
1.Tahapan penyajian masalah
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat memancing siswa untuk mengumpulkan informasi.Keterlibatan siswa pada tahap ini adalah(1)memberi respon positif terhadap masalah yang dikemukakan,(2)mengungkapkan ide awal.
2.Tahapan verifikasi data
Guru memberikan pertanyaan pengarah sehingga siswa mampu mengidentifikasi dan merumuskan hipotesis.Keterlibatan siswa pada tahap ini yaitu(1)melakukan pengamatan terhadap masalah yang diberikan,(2)merumuskan masalah,(3)mengidentifikasi masalah,(4)membuat hipotesis,dan(5)merancang eksperimen.
3.Megadakan eksperimen dan pengumpulan data Pada tahap ini siswa diajak melakukan eksperimen atau mengumpulkan data dari permasalahan yang ada.Peran siswa dalam tahap ini yaitu(1)melakukan eksperimen atau pengumpulan data,dan(2)melakukan kerjasama dalam mengumpulkan data.

4.Merumuskan penjelasan
Guru mengajak siswa untuk melakukan analisis dan diskusi terhadap hasil yang diperoleh sehingga siswa mendapatkan konsep dan teori yang benar sesuai konsepsi ilmiah.Keterlibatan siswa dalam tahap ini adalah(1)melakukan diskusi,dan(2)menyimpulkan hasil pengumpulan data.
5.Mengadakan analisis inquiry
Guru meminta kepada siswa untuk mencatat informasi yang diperoleh serta diberi kesempatan bertanya tentang apasaja yang berkaitan dengan informasi yang mereka peroleh sebelumnya lalu kemudian guru memberikan latihan soal-soal jika dipelukan.Keterlibatan siswa dalam tahap ini yaitu(1)mencatat informasi yang diperoleh,(2)aktif bertanya,dan(3)mengerjakan latihan soal.

Sumber:http:


Share This :

5 komentar:

  1. Maaf saya, Evi Yulianti dari Kediri. Saya sangat tertarik menggunakan metode ini dan ingin menggunakannya dalam pembelajaran. Tp saya masih bingung dengan metode ini.

    Disini saya ingin bertanya,, tentang sistem penilaian dlm metode ini. Bagaimana inggih sistem penilaiannya? Trus jg rubik penilaiannya?

    Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Terimakasih penjelasannya sangat membantu

    BalasHapus
  3. makasih tulisannya, bisa gak ya diberikan contoh dalam penerapannya pada mata pelajaran tertentu?

    BalasHapus
  4. bagaimana contoh pelaksanaannya dalam pembelajaran tematik bagi anak tunagrahita

    BalasHapus
  5. Sesuaikan dengan kondisi intelektual siswa

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan pesan Anda.
Berilah komentar atau masukan, dan kami juga akan membalas komentar di blog anda.
Terima Kasih.

 

Temukan Kami Di FB

Blogroll

About

Sahabat Smantos